Langsung ke konten utama

Jus Sehat


JUS ALPUKAT


Hasil gambar untuk jus alpukat
Saat ini sebagian masyarakat sudah mulai sadar akan gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan berolah raga secara teratur. Selain berolahraga, ada juga yang sangat memperhatikan makanan dan minuman mereka.Contohnya adalah dengan mengkonsumsi minuman sehat seperti jus. Jus menjadi salah satu minuman sehat yang menjadi pilihan. Selain sehat, jus adalah minuman yang kaya akan vitamin, mineral dan serat. Minuman sehat ini terbuat dari bahan yang dihaluskan. 
Umumnya, bahan minuman jus terbuat dari berbagai sayuran dan buah-buahan. Bentuk dari jus bisa berupa cairan yang kental maupun encer. Bahkan jus bisa juga berupa saripati beserta ampasnya atau saripati saja. Biasanya alat yang digunakan untuk membuat minuman sehat yang satu ini berupa alat elektronik seperti juicer atau bleder.
Sayuran yang biasanya dibuat jus seperti mentimun, brokoli, wortel, dll. Sedangkan buah, pada umumnya yang biasa dijadikan sebagai jus adalah apel, strawberry, melon, alpukat dll. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat jus alpukat. Buah alpukat adalah buah yang berasal dari negara meksiko dan Amerika tengah.

Nama alpukat sendiri berasal dari kata apokat/avokad. Nama ini merupakan adaptasi dari bahasa inggris avocado. Penyebaran buah ini, pertama kali dilakukan oleh bangsa Spanyol, ketika mereka menjajah daerah Amerika tengah pada abad ke 16. Perwira militer Spanyol lah yang mengenalkan alpukat ke Eropa tahun 1519. Nama perwira itu adalah Martin Fernandez de Encisolah. Sejak saat itu, alpukat menyebar luas di daratan Eropa.Di Indonesia sendiri, buah ini dibawa oleh bangsa Belanda. Jadi buah ini masuk ke Indonesia sekitar abad ke 18. Tepatnya antara tahun 1920-1930 an. 
Penyebaran alpukat di Indonesia bisa dibilang cukup cepat. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang mulai membudidayakan tanaman ini. Bahkan. buah alpukat sering dijadikan sebagai pohon pekarangan, yang sering ditanam disekitar pekarangan rumah. 
Pohon alpukat sendiri bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter. Ukuran buahnyapun sangat bervariasi. Mulai dari 1 ons, hingga ada yang mencapai 1 kg. Kulit buahnya ada yang berwarna hijau dan ungu kecoklatan. Buah ini juga memiliki daging buah yang lembut.Buah alpukat bisa dikonsumsi secara langsung, maupun diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Contoh minuman yang enak dan menyegarkan dari buah alpukat adalah jus alpukat. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat jus alpukat yang bisa dijadikan inspirasi.

Bahan-Bahan Membuat Jus Alpukat: 
1. Buah alpukat yang sudah matang 
2. Air matang 3. Gula pasir sesuai selera
4. Es batu secukupnya 

Langkah-langkah atau cara membuat jus alpukat: 
1. Ambil dan belah buah alpukat yang sudah bersih menjadi dua bagian. 
2. Buang biji alpukat dan ambil bagian dagingnya. Dengan cara dikerok menggunakan sendok atau menggunakan pengerokan khusus buah. 
3. Lalu masukkan ke dalam blender. 
4. Setelah itu tambahkan air matang dan gula sesuai selera. 
5. Blender buah alpukat hingga halus. 
6. Masukkan es batu, lalu tuang jus alpukat ke dalam gelas. 
7. Jika sudah selesai, jus alpukat siap untuk dinikmati. 

Selain itu bisa juga dikombinasikan dengan susu, sirup maupun kopi. Bahkan bisa juga dikombinasikan dengan kayu manis jika mau. Semua itu tergantung selera dari masing-masing orang. Namun perlu diketahui jus alpukat yang murni lebih sehat. Hal ini karena, kandungan gizinya bisa tetap terjaga murni dan tak rusak. 
Nah itulah cara membuat jus alpukat super lezat. Semoga bermanfaat. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keripik Singkong Crispy

RESEP DAN CARA MEMBUAT KERIPIK SINGKONG CRISPY Saat ini bisnis kuliner yang ada di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Salah satunya yaitu keripik singkong, dahulu keripik singkong hanya memilik rasa asin. Namun seiring perkembangan zaman, keripik singkong mempunyai banyak varian rasa. Diantaranya yaitu keripik singkong original biasanya mempunyai rasa sedikit asin, keripik singkong pedas mempunyai rasa yang pedas, keripik singkong balado mempunyai rasa bumbu balado. Keripik singkong merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar singkong dan memiliki rasa yang renyah. Selain itu harganya pun sangat terjangkau. Tapi jangan khawatir, meskipun singkong terlihat sederhana dan sering dianggap sebagai makanan kalangan bawah, ternyata singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya juga cukup lengkap, salah satunya yaitu sebagai sumber energi. Keripik ini sangat cocok dinikmati disaat waktu senggang bersama teman maupun keluarga. Jika kita ingin m